Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

Simulasi CAT CPNS Kini Merambah Android

Pegawai Negeri Sipil atau PNS masih memiliki daya magnet yang besar di Indonesia. Tidak heran jika peminatnya bisa mencapai ribuan meski formasi yang dibutuhkan hanya sekian ratus atau puluhan. Berbagai persiapan dijalani para kandidat PNS ini. Mulai berburu soal hingga ikut kelas khusus. Tahun ini ada yang berbeda dengan sistem yang digunakan pemerintah. Segala yang berhubungan dengan hal-hal manual kini berbasis komputer. Salah satu sistem yang ramai diperkenalkan adalah CAT (Computer Assisted Test).

Dengan sistem ini, kandidat PNS menjalankan ujian masuk menggunakan komputer dan dalam jaringan. Server akan mencatat jawaban dan skor akan terlihat langsung. Mereka yang awam mungkin akan kesulitan memahami CAT. Sosialisasi sudah dilakukan pemerintah dua tahun belakangan ini. Tahun ini, simulasi CAT juga sudah merambah Android. Aplikasi bernama resmi Simulasi CAT CPNS ini berkapasitas 1,4 MB dan bebas diunduh di GooglePlay.

Bagaimana Menjalankan Simulasi CAT CPNS

Aplikasi ini tergolong ringan jika dibandingkan dengan simulator CPNS lainnya yang ada di GooglePlay. Selain itu, ia juga mudah sekali digunakan. Setelah Anda berhasil menginstal Simulasi CAT CPNS akan muncul halaman pembuka seperti di bawah ini:



Sentuh di wilayah mana saja di layar Anda. Selanjutnya Anda akan masuk ke tampilan berikut:



Pilih paket apa yang hedak Anda jajal soalnya. Jika Anda memilih misalnya Paket A Logika, maka Anda akan masuk ke tampilan berikut:



Selanjutnya akan muncul soal. Soal ini kabarnya adalah soal CPNS tahun lalu. Jika Anda sudah siap untuk menjawab soal, sentuh tombol virtual ‘Mulai’ dan pencatatan waktu akan otomatis dimulai juga. 


Jumlah skor Anda terlihat pada bagian kanan atas. Jika Anda menjawab benar akan bertambah dan jika tidak, skor akan ada di angka yang sama.

Jika gagal, akan muncul halaman seperti ini:


Jika berhasil menjawab pertanyaan dengan benar, maka akan muncul halaman seperti ini.



Aplikasi Simulasi CAT CPNS berbasis Android ini tentu menggembirakan mereka yang penasaran dengan sistem CAT PNS. Aplikasi ini bisa pula dijadikan ajang untuk latihan. Tapi perlu diingat, soal-soal yang ada pada aplikasi ini bisa jadi berbeda dengan soal yang akan dikeluarkan pemerintah sebagai ujian masuk PNS. Tapi sebagai latihan, soal-soal tersebut sudah mewakili jenis yang biasanya digunakan dalam sistem penjaringa. Selamat mencoba!

Terima kasih telah membaca artikel tentang Simulasi CAT CPNS Kini Merambah Android di blog Blog Informasi Android jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com